Popular Post

Popular Posts

Posted by : kiedu Selasa, 02 Februari 2016



Kedumulyo merupakan salah satu nama desa di Kecamatan Sukolilo. Letaknya sekitar 4 km dari kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Propinsi jawa Tengah. Sedangkan kota Pati sendiri berada disebelah selatan kota semarang, dan disebelah timur kota Kudus. Sementara lokasi desa Kedumulyo berada di salah satu lereng pegunungan kapur utara sebelah utara Kecamatan Sukolilo. Dari sekian banyaknya desa di Kecamatan Sukolilo, Kedumulyo masih termasuk desa yang belum terjamah secara total oleh pembangunan, namun juga tidak terlalu tertinggal. Jika kita ingin mencari letak desa kedumulyo di internet, silahkan cari pada koordinat -6924393 LU sampai  110.947440 LS.

Nama desa Kedumulyo sendiri memiliki falsafah yang diambil dari keadaan desa yang dapat kita lihat secara nyata. Nama Kedumulyo berasal dari 2 (dua) rumpun kata bahasa jawa yaitu KEDU dan MULYO. Kedu yang berarti waduk kecil atau tempat muara air berkumpul, dan Mulyo yang berarti mulia atau unggul. Dengan begitu kita bisa mengartikan bahwa Kedumulyo berarti "desa yang memiliki waduk yang mulia". Disebut dengan "waduk yang mulia" karena waduk/ tempat muara air disini sangatlah bagus dan "alhamdulillah" tidak pernah kekeringan air. bahkan di musim ketiga (musin panas)-pun, sumber air ini tidak kering. Tidak heran kalau penduduk dari desa lain biasa menggunakan sumber air ini disaat terjadi kekeringan di desa mereka.

Didesa ini air memang lancar, karena air mengalir langsung dari sumbernya. Uniknya sumber air ini bukan hanya dari sembarang celah namun dari gua yang bisa kita masuki, yaitu Gua Wareh.
 
Di desa Kedumulyo ini terdapat beberapa objek wisata yang masih belum terkenal, namun sangat bagus jika bisa dikembangkan, apalagi jika desa Kedumulyo dikembangkan menjadi desa wisata. Desa ini memiliki potensi yang cukup bagus untuk dijadikan desa wisata, mengingat banyaknya objek yang ada pada lingkungan desa.

Adapun objek wisata itu diantaranya adalah: Goa Lowo, Goa Wareh, Kebun jagung, Makanan Khas berupa Sambal Bancik dan Nasi Gandul, Tebing dan Bukit yang Indah, dan bahkan budaya yang dimiliki masyarakatnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Wisata Kedumulyo - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -